Disini Letak Geografis Indonesia. Lengkap dengan Pengaruh dan Keuntungannya

Disini Letak Geografis Indonesia. Lengkap dengan Pengaruh dan Keuntungannya

Disini Letak Geografis Indonesia. Lengkap dengan Pengaruh dan Keuntungannya
26 Januari 2023

Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra. Benua Asia di utara, Benua Australia di selatan, Samudra Pasifik di timur, dan Samudra Hindia di barat dan selatan. Letak geografis Indonesia sangat berpengaruh pada kondisi iklim, sosial budaya, ekonomi, situasi geopolitik, dan berbagai keuntungan lainnya.


Letak Geografis Indonesia. Benua Asia. Benua Australia. Samudra Hindia. Samudra Pasifik

Dimana letak geografis Indonesia?

Seperti apa kondisi cuaca di Indonesia?

Kenapa sosial budaya Indonesia sangat beragam?

Apa saja keuntungan lainnya dari letak geografis Indonesia?




Letak Geografis Indonesia


Letak Indonesia secara geografis, berada di antara dua benua dan dua samudra sobat. Benua Asia berada di sebelah utara, sementara Benua Australia berada di sebelah selatan. Di sisi timur, Indonesia diapit oleh Samudra Pasifik, sedangkan di sebelah barat dan selatan, terdapat Samudra Hindia.


Posisi geografis bisa disebut sebagai posisi relatif. Adanya perubahan dalam aktivitas tektonik bisa mengakibatkan perubahan posisi Indonesia di masa mendatang.



Letak Geografis Indonesia
Letak Geografis Indonesia



Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Kondisi Iklim


Posisi geografis punya peran penting untuk menentukan cuaca di Indonesia. Di Indonesia, terdapat musim hujan dan musim kemarau. Kedua musim terjadi karena dua jenis angin, yaitu angin muson barat laut dan angin muson tenggara. Angin muson barat laut membawa kelembapan dari laut, lalu menyebabkan peningkatan kadar uap air di udara, dan menghasilkan musim hujan. Sementara itu, angin muson tenggara cenderung kering, sehingga menyebabkan musim kemarau.



Pergerakan Angin Muson di Indonesia
Pergerakan Angin Muson di Indonesia



Pengaruh Letak Geografis Indonesia di Arus Lalu Lintas Global


Posisi geografis Indonesia, yang terletak di antara dua benua dan dua samudra, memiliki dampak yang besar pada posisi strategis untuk arus lalu lintas global. Indonesia terletak di persimpangan utama rute pelayaran dan perdagangan dunia. Dalam sejarah, persimpangan ini mempengaruhi kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia. Persimpangan ini memfasilitasi masuknya pengaruh peradaban dan budaya dari negara-negara lain. Akibatnya timbul keanekaragaman budaya di Indonesia.


Selain itu, dampak posisi geografis Indonesia juga mempengaruhi situasi politik global. Indonesia memiliki letak strategis, karena terletak di antara negara-negara besar yang memiliki pengaruh signifikan dalam berbagai sektor, seperti perdagangan, teknologi, dan militer, dan sektor lainnya. Karena itu, Indonesia perlu memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan posisinya ini untuk kemajuan bangsa.


Dari segi ekonomi, Indonesia punya potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Dengan memanfaatkan posisi strategisnya dengan baik dan konsisten, maka akan berdampak positif pada tingkat kemakmuran negara. Posisi ekonomi yang strategis ini juga dapat mendorong Indonesia menjadi pusat penting dalam konektivitas maritim global.


Konsep poros maritim menjadi alat penting untuk meningkatkan sistem transportasi laut, menjaga keamanan di perairan, mengembangkan sektor perikanan dan industri perkapalan, serta memastikan adanya hubungan yang baik antar pulau. 


Ada lima pilar dalam poros maritim, yakni.


  1. Memulihkan kembali nilai-nilai budaya maritim Indonesia.
  2. Menjaga dan mengelola sumber daya laut, dengan fokus pada membangun kemandirian pangan laut melalui pengembangan industri perikanan dan menjadikan nelayan sebagai pilarnya.
  3. Pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim dengan pemembangunan tol laut, pelabuhan, logistik, industri kapal, dan pariwisata.
  4. Melakukan diplomasi maritim yang mempromosikan kerjasama dengan rekan-rekan internasional dalam hal kelautan.
  5. Mengembangkan kekuatan pertahanan maritim.



Pola Transportasi Dunia
Pola Transportasi Dunia



Poros maritim dunia (PMD) punya makna penting untuk geopolitik Indonesia. Keberadaan Indonesia di jalur utama perdagangan global akan mendorong negara-negara di seluruh dunia, khususnya yang sudah maju, untuk menjalin kemitraan dengan Indonesia dalam berbagai sektor seperti infrastruktur, ekonomi, budaya, teknologi, pendidikan, dan lainnya. Hubungan global ini tentunya menciptakan peluang positif yang dapat membantu negara kita untuk mempercepat kemajuan pembangunan diberbagai sektor.



Keuntungan Letak Geografis Indonesia


Lokasi geografis Indonesia memiliki manfaat yang besar, termasuk dalam hal ekonomi, sumber daya alam, dan keragaman budaya. Dibawah ini adalah lima manfaat dari lokasi geografis Indonesia. Apa aja ya?


1. Berada di Lintas Perdagangan Internasional


Letak geografis Indonesia yang terletak di antara dua samudra dan dua benua menjadi lokasi penting dalam arus perdagangan internasional. Lokasinya menjadi titik pertemuan ekonomi antara negara-negara berkembang dan negara-negara industri,seperti Eropa, Afrika, Asia dengan China, Korea, dan Jepang.


2. Indonesia Menjadi Negara Agraris


Indonesia memiliki dua angin muson yang berbeda. Dampaknya adalah terbentuknya dua musim di Indonesia yang berubah setiap 6 bulan sekali, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kedua musim ini memiliki dampak yang besar terhadap sektor pertanian. Tanah yang subur di Indonesia sangat cocok digunakan untuk pertanian, seperti untuk menanam sayuran, kentang, padi, ketela, ubi, kacang-kacangan, dan jenis tanaman lainnya.


3. Ketersediaan Tanah yang Subur


Curah hujan yang melimpah dan intensitas matahari yang besar meningkatkan kesuburan tanah di Indonesia. Keberadaan Indonesia di sepanjang Ring of Fire juga berdampak pada meningkatnya material penyubur tanah yang dilepaskan dari aktivitas gunung berapi. Tingkat kesuburan yang tinggi berdampak positif pada sektor pertanian di Indonesia.


4. Keberagaman Budaya yang Tinggi


Posisi lintas internasional menyebabkan kapal-kapal dari negara lain sering singgah di Indonesia. Akibatnya, terjadi pertukaran budaya dan tradisi antara berbagai suku bangsa, yang selanjutnya  memengaruhi keragaman budaya di Indonesia. Keberagaman ini berdampak baik pada aspek sosial dan budaya. Kekayaan budaya yang beragam di Indonesia menjadi potensi dalam industri pariwisata dan sektor lainnya.


5. Destinasi Wisata Alam yang Beragam


Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam, seperti air terjun, gunung, sungai, dan pantai. Keragaman ini disebabkan karena adanya dua musim di Indonesia, dan berdampak pada berbagai proses alam seperti pelapukan sehingga terbentuknya kondisi fisik Indonesia seperti sekarang.



Ok sobat, sekian pembahasan kali ini tentang letak Indonesia secara geografis serta berbagai dampak dan keuntungannya. Semoga dipahami ya.


Terimakasih.

Disini Letak Geografis Indonesia. Lengkap dengan Pengaruh dan Keuntungannya
4/ 5
Oleh